Pembaharuan terakhir: Minggu, 11 April 2021

Apa itu Klinik Bisnis?

Klinik Bisnis adalah Lembaga bantuan untuk UMKM Kalimantan Tengah dibawah naungan Yayasan Abdul Rasyid AS yang memiliki kegiatan Program Klinik Bisnis yang bertujuan untuk mewadahi pendampingan, pemberdayaan pemuda-pemudi di Kalimantan Tengah menjadi entrepreneur yang mandiri dan Tangguh.

 

Apa itu UMKM?

UMKM adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah merupakan bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil dalam bidang kuliner, fasion, teknologi, kosmetik, otomotif, cenderamata dan Agrobisnis yang menjadi Mitra UMKM Klinik Bisnis.

 

Apa saja Program Klinik Bisnis:

  1. Orientasi Klinik Bisnis (OKB)
  2. Kelas Klinik Bisnis (KKB)
  3. Ngopi Preneur
  4. Humanity Biggest Festival
  5. Gerakan Kemanusiaan

 

Siapa Mitra Umkm Klinik Bisnis?

Mitra UMKM Klinik Bisnis adalah Pemilik UMKM yang telah terpilih sehingga mempunyai kewajiban untuk mengikuti keseluruhan Program Klinik Bisnis yang diselenggarakan oleh Pihak Pertama dan akan menerima bantuan dari Pihak Pertama dengan berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah disepakati dalam Perjanjian Kerjasama/Kemitraan Klinik Bisnis.

 

Bagaimana Menjadi Mitra UMKM Klinik Bisnis?

Melakukan pendaftaran saat pendaftaran dibuka disetiap Angkatan nya dengan melengkapi persyaratan administrasi yang telah ditentukan.
*Ket : Pendaftaran Mitra Klinik Bisnis Angkatan I sudah ditutup

 

Bagaimana Mitra Mendapatkan Dana Bantuan UMKM?

Mitra Mendapatkan Dana Bantuan UMKM yaitu dengan mengikuti semua Program Klinik Bisnis dari awal sampai diakhiri dengan kegiatan Festival Klinik Bisnis (Giant Festival) serta melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab sebagai Mitra Klinik Bisnis yang tercantum dalam Surat Keterangan Kemitraan.

 

Kelas Klinik Bisnis

Apakah Mitra Harus Mengikuti Kelas Klinik Bisnis Untuk Mendapatkan Bantuan Dari Klinik Bisnis?

Iya, kamu harus mengikuti Kelas agar mendapatkan pengetahuan sesuai dengan materi yang telah ditentukan dengan tema besar yaitu marketing, branding dan finance.

 

Apakah Kelas Mempengaruhi Kelolosan Mitra ?

Ya, kelas merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendapatkan manfaat dari tujuan Klinik Bisnis yang sebagai pendampingan dan pengelolaan UMKM.

 

Apakah Kelas Mempunyai Durasi Atau Batas Waktu?

Kelas Klinik Bisnis mempunyai waktu 2 jam termasuk penyampaian pemateri dan tanya jawab.

 

Apakah Kelas Klinik Bisnis Terbuka Untuk Umum?

Ya, setiap Kelas Klinik Bisnis mempunyai sifat yang terbuka untuk umum sesuai dengan syarat yang ditentukan, yaitu harus terdaftar sebagai mitra dan peserta Klinik Bisnis yang sudah terdaftar serta ada dilakukan live streaming di sosial media Klinik Bisnis.

 

Kalau Saya Tidak Dapat Kuota Mendaftar Menjadi Mitra, Apakah Saya Bisa Ikut Seleksi Angkatan Berikutnya?

Tentu kamu boleh mengikuti seleksi Angkatan periode berikutnya. Di setiap Angkatan yang kamu pilih, kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos atau tidak di akun email kamu.

 

Jika Saya Gagal Atau Tidak Lolos Seleksi Angkatan Apakah Harus Ulang Lagi Pendaftaran?

Tidak, jika gagal seleksi angkatan karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode angkatan berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal hanya saja kamu harus berinovasi dalam membuat Bisnis UMKM kamu menjadi memenuhi SOP Klinik Bisnis.

 

Hasil Seleksi Mitra Klinik Bisnis

Bagaimana Cara Untuk Tahu Saya Lolos Atau Tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi Angkatan, login ke akun email kamu, lalu cek email kamu. Jika lolos seleksi angkatan, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui WA. Jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada akun email kamu. Pengumuman kelulusan juga akan di informasikan disemua akun sosial media Klinik Bisnis.

 

Bantuan Dana UMKM

Siapa saja yang bisa mendapatkan Bantuan Dana?

Bantuan dana hanya diberikan kepada Mitra yang sah yang telah menyelesaikan semua tahapan program Klinik Bisnis sesuai yang terncantum dalam Surat Perjanjian Kemitraan.

Berapa jumlah Bantuan dana UMKM?
Bantuan Dana akan dicairkan sebesar Rp 250.000.000 Juta untuk 25 Mitra UMKM Klinik Bisnis.